Monday, June 29, 2015

SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR #1

5:26 PM Posted by Unknown , , No comments




MANUFAKTUR

Pengertian :
Manufaktur merupakan Sistem yang digunakan untuk mendukung fungsi produksi, yang mencakup seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa.

 
Secara Umum :
Manufaktur  adalah  suatu  aktifitas  yang  kompleks  yang melibatkan  berbagai  variasi  sumber daya  dan  aktifitas    perancangan  produk,  pembelian, pemasaran,  mesin  dan  perkakas,  manufacturing,  penjualan,  perancangan  proses,  production control, pengiriman material, support service, dan customer service.

Apa itu SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR ?

Dunia Industri selalu menghubungkan pemikiran kita kepada sebuah prosedur input, proses, output. Data merupakan sebuah input yang pada akhirnya akan menjadi sebuah informasi melalui sebuah proses sistem manajemen yang biasa disebut Database Management System (DBMS).
Data mudah untuk didapatkan. Tetapi, informasi susah untuk dicari. Proses mengubah data menjadi informasi perlu melalui sebuah sistem yang memiliki kompleksitas yang tinggi. Sistem Informasi Manajemen (SIM) menjadi perangkat utama pencetak informasi untuk pengambilan keputusan bagi perkembangan perusahan. Perusahaan manufaktur memerlukan informasi untuk melangsungkan roda industrinya. Tanpa informasi yang akurat, perusahaan tidak dapat menentukan kebijakan, keputusan, bahkan peraturan yang dapat menunjang perbaikan maupun perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan manufaktur perlu memiliki sebuah sistem informasi yang dikhususkan pada departemen atau bagian manufaktur. Hal ini diperlukan untuk membentuk proses bisnis yang lebih menguntungkan bagi perusahaan.

Sistem  Informasi  Manufaktur (SIMa) adalah  suatu  sistem  berbasis  komputer  yang  bekerja dalam  hubungannya  dengan  sistem  informasi  fungsional  lainnya  untuk  mendukung manajemen  perusahaan  dalam  pemecahan  masalah  yang  berhubungan  dengan  manufaktur produk perusahaan yang pada dasarnya tetap bertumpu pada input, proses dan output. Sistem ini digunakan untuk mendukung fungsi produksi yang meliputi seluruh kegiatan yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang atau jasa

Ruang lingkup 

-        Sistem perencanaan manufaktur,
-        Rencana produksi, 
-        Rencana tenaga kerja, 
-        Rencana kebutuhan bahan baku 
-        Sistem pengendalian manufaktur.
Manfaat  

1.  Hasil produksi perusahaan lebih cepat dan tepat waktu karena sistem informasi manufaktur menggunakan komputer sebagai alat prosesnya.
2.  Perusahaan lebih cepat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya.
3.  Arsip lebih terstruktur karena menggunakan sistem database.
4.  Dengan menggunakan SIM yang berupa fisik robotik, hasil produksi semakin cepat, tepat dan   berkurangnya jumlah sisa bahan yang tidak terpakai

BAGAIMANA MEMANAJEMEN SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR

Sistem informsi manufaktur digunakan baik dalam operasi sistem produksi fisik. Informasi itu digunakan oleh eksekutif perusahaan. Manajer di area manufaktur dan juga manajer di area lain. Para eksekutif termasuk wakil presiden direktur manufaktur menerima informasi dari semua sub sistem out put. Super intendent pabrik juga menggunakan ikhtisar output yang menjelasakan seluruh operasi.
Manajer dalam pemsaran dan keuangan juga menggunakan output itu, pemasar tertarik pada aspek produksi seperti biaya, kualitas dan penyediaan karena faktor-faktor tersebut mempengaruhi penjualan produk. Manajer keuangan memiliki perhatian khusus pada subsistem persediaan karena diguanakan dalam menentukan investasi persediaan dan pada subsistem persediaan karena digunakan dalam menentukan investasi persediaan dan pada subsistem produksi karena digunakan untuk membuat keputusan penting mengenai konstruksi atau perluasan pabrik

0 komentar: